Wisata di Pantai Kejawanan Pegambiran



BAGI MASYARAKAT CIREBON, sebelum tahun 2000 Pelabuhan Kejawanan merupakan pelabuhan sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) bagi para nelayan, juga sebagai tempat memancing bagi masyarakat Cirebon.

Kini Pelabuhan Kejawanan selain berfungsi sebagai (TPI) bagi para nelayan. Pelabuhan Kejawanan
juga merupakan tempat obyek wisata pantai yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik masyarakat Cirebon sendiri ataupun luar Cirebon.

Hal ini tentunya harus mendapat penanganan yang serius dari instansi terkait dalam penataannya dan perawatannya sebagai salah satu obyek wisata pantai yang ada di Kota Cirebon, agar kelestarian Pelabuhan Kejawanan tetap terjaga sebagai salah satu obyek wisata.

Seperti halnya hutan Bakau sebagai salah satu tanaman laut yang berfungsi untuk penyerapan air sekaligus
sebagai tempat tinggalnya habitat burung laut. Namun kini kondisinya sangat memperihatinkan tidak lagi dijumpai hutan bakau yang lebat, serta lingkungan disekitar areal obyek wisata pelabuhan kejawanan masih banyak dengan sampah.

Dengan kondisi seperti ini tentunya sebagai tempat obyek wisata tidaklah menyenangkan bagi para pengunjung karena akan berdampak pada, kurangnya minat wisatawan untuk berkunjung.

Hal ini juga akan dirasakan bagi para pedagang yang menggantungkan hidup di tempat obyek wisata pantai Pelabuhan Kejawanan, bila kondisi ini tidak segera diperbaiki.

Alangkah sayangnya bila sebuah obyek wisata tidak lagi ditemukan keindahan panorama yang alami serta tidak lagi bisa menikmati kehidupan habitat burung laut, karena rusaknya hutan Bakau sebagai ekosistim tempat tinggal dan kehidupan satwa laut.

Kemanakah nasib para pedagang yang selama ini menggantungkan hidup di lokasi wisata tersebut bila wisatawannya tidak lagi ditemukan akibat tidak terpeliharanya sebuah obyek wisata bahari.

Beberapa masyarakat sekitar menuturkan, pantai kejawanan mulai ramai dikunjungi orang sejak berdirinya rumah makan yang menyediakan kuliner khas pantura, khusunya ikan bakar. mulanya orang yang datang kesana hanya untuk menikmati kuliner di rumah makan tersebut yang letaknya memang persis dibibir pantai, tapi kemudian akibat dari mulut ke mulut, banyak orang yang sengaja datang untuk menikmati udara dan pemandangan laut, sampai akhirnya banyak juga yang berenang di laut.

bahkan pantai Kejawanan juga ada sebagian masyarakat yang percaya untuk dijadikan therapy dengan cara berendam di air laut yang mereka yakini bisa untuk mengobati penyakit seperti, diabetes, asam urat, reumatik, penyakit kulit dan beberapa penyakit lainnya. Tidak jelas memang apakah ada penelitian untuk pembuktian dari kadar garam yang bisa mengobati untuk itu atau tidak, tapi yang jelas banyak cerita yang mengatakan setelah beredam di Pantai Kejawanan mereka yang stroke pun berangsur pulih, Wallahuallam...

Sebetulnya Pantai Kejawanan bukanlah pantai seperti Pantai dengan pasir putihnya seperti di Kuta Bali (liat foto penulis berkaos dalam itu fotonya di Kuta Bali Loh..hehehehe), namun dibandingkan dengan dengan Ancol yang penulis liat lebih baik dan bersih di Pantai Kejawanan. Meskipun warna pasirnya hitam bercampur lumpur, tapi air lautnya tidak sekeruh di Pantai Ancol. Dan memang sampai saat ini pantai yang terletak di Kelurahan Pegambiran kecamatan lemawungkuk ini masih dibiarkan begitu saja dan belum ada tanda-tanda dikelola dengan cepat, bahkan karena rame secara mendadak pihak Pemerintah Kota Cirebon baru berupaya merencanakan menata Pantai tersebut, yang konon katanya akan diberi nama Pantai Susun Kejawanan ( Susun adalah singkatan dari Subardi - Sunaryo = Walikota dan Wakil Walikota Cirebon yang sekarang) yang semoga disaat kepemimpinan beliau dapat diresmikan penggunaannya ya tentunya pasti nama tersebut yang akan di proklamasikan, tapi kalau sampai berakhir masa jabatan beliau lantas belum diresmikan tentunya ada nama lain...hehehehe)

Sebatas masukan, bahwa Pantai Kejawanan Cirebon itu dalam kondisinya sekarang ini memang sebuah embrio yang bisa dijadikan obyek wisata andalan. dan jika dikelola secara baik dan profesional, tentunya akan dapat menjadi sumber baru bagi PAD Kota Cirebon dan peluang usaha bagi para masyarakat sekitarnya, karena saat ini dari mulai tempat parkir, pedagang asongan sampai yang menyewakan peralatan renang pun mereka masih menginduk pada IPK ( Ikatan Pemuda Kejawanan , sungguh sangat disayangkan.

Kalau saja digarap secara Simultan dengan menyediakan souvenir berupa cinderamata hasil kerajinan yang berasal dari binatang laut, dan kedai-kedai makanan khas laut. tentunya akan lebih banyak lagi menarik minat para pengunjung datang ke Pantai Kejawanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prosesi Nuju Bulanan sebagai Bagian dari Budaya

Solusi Menciptakan " GOOD GOVERNMENT "

SEJARAH PERKEMBANGAN TRADISI NADRAN DI CIREBON