Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 10, 2010

Info Humas Kwarcab Kota Cirebon

kakak-kakak yang kami hormati, sebagaimana diamanatkan dalan Rapat Kerja Cabang Kota Cirebon tanggal 14 Agustus 2010 tentang Program Kerja Kwartir per Tahun 2010, maka berikut ini kami sampaikan beberapa agenda Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Cirebon untuk bulan Oktober s/d Desember 2010, antara lain sebagai berikut :

1. Jota-Joti Tahun 2010
Hari/Tanggal : 16 s.d 17 Oktober 2010
Tempat : Jota di Orari Cirebon Jl. Dr. Sudarsono
Joti di Warnet Jl. Perjuangan Pelandakan (depan SMP Negeri 11)

2. Pertemuan Para Pelatih Gerakan Pramuka Se- Jawa Barat
Hari/tanggal : 16 Oktober 2010
Tempat : Sekretariat Kwarda Jawa Barat

3. Bakti Desa Pramuka Penegak dan Pandega Se- Jawa Barat
Hari/Tanggal : 21 s.d 28 Oktober 2010
Tempat : Desa Cupunagara Kec. Cisalak - Kab. Subang Jawa Barat


4. Seleksi Peserta Jambore Daerah Jawa Barat Tahun 2010.
Hari/Tanggal : 25 Oktober 2010
Waktu : Pukul 14.00 WIB s.d selesai
Tempat : SMP Negeri 7 Kota Cirebon Jl. Ciremai Raya Cirebon

Detik-Detik Lahirnya Gerakan Pramuka

Gambar
Latar Belakang Lahirnya Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka lahir pada tahun 1961, jadi kalau akan menyimak latar belakang lahirnya Gerakan Pramuka, orang perlu mengkaji keadaan, kejadian dan peristiwa pada sekitar tahun 1960.
Dari ungkapan yang telah dipaparkan di depan kita lihat bahwa jumlah perkumpulan kepramukaan di Indonesia waktu itu sangat banyak. Jumlah itu tidak sepandan dengan jumlah seluruh anggota perkumpulan itu.
Peraturan yang timbul pada masa perintisan ini adalah Ketetapan MPRS Nomor II/MPRS/1960, tanggal 3 Desember 1960 tentang rencana pembangunan Nasional Semesta Berencana. Dalam ketetapan ini dapat ditemukan Pasal 330. C. yang menyatakan bahwa dasar pendidikan di bidang kepanduan adalah Pancasila. Seterusnya penertiban tentang kepanduan (Pasal 741) dan pendidikan kepanduan supaya diintensifkan dan menyetujui rencana Pemerintah untuk mendirikan Pramuka (Pasal 349 Ayat 30). Kemudian kepanduan supaya dibebaskan dari sisa-sisa Lord Baden Powellisme (Lampiran C Ayat 8).

Ketetap…

Panduan Singkat Jota - Joti 2010

Gambar
Huruf Alphabetic.

Pada saat mengikuti kegiatan JOTA ( Jambore On The Air) sering kita mengalami kesulitan dalam berkomunikasi ketika mendengarkan pengiriman data berupa voice / suara yang kurang begitu jelas. Hal ini biasanya dipengaruhi antara lain karena jarak yang dekat-jauh, letak geografis seperti pegunungan dan dataran rendah sehingga arus gelombang / frekwensi radio yang dikeluarkan oleh lewat pemancar tidak dapat diterima dengan sempurna. Untuk mempermudah komunikasi maka perlu digunakan kepanjangan berupa kata dari setiap huruf, yang kita kenal dengan Alphabetik, seperti pada contoh di bawah ini :
A : Alpha N : November

B : Bravo O : Oscar

C : Charlie P : Papa

D : Delta Q : Quebec

E : Echo R : Romeo

F : Foxtrot S : Siera

G : Golf T : Tango

H : Hotel U : Uniform

I : Indian V : Violet

J : Juliet …

Branding " Ayo Ikut Pramuka "

Gambar
Sebagai Aktipis anggota Gerakan Pramuka tentunya setiap geliat dan tarikan napas organisasinya agar untuk turut andil berpartisipasi aktif dalam mengangkat segala potensi pramuka, tulisan ini diangkat sebagai bentuk dukungan kami sebagai anggota Pramuka terhadap upaya organisasi dalam pencapaian Visi dan Misi Gerakan Pramuka serta upaya percepatan Revitalisasi Gerakan Pramuka agar semakin merata dan tercapai, mengingat sudah tahun ke empat Bapak Pramuka Utama mencanangkan Revitalisasi tersebut namun sampai sekarang masih belum ada dampak maksimal baik kuantitas maupun kwalitas baik organisasi maupun anggotannya, konsokuensi dan totalitalitasnya terhadap komitmen dan Visi - Misi banyak dipertanyakan masyarakat pendidikan mengingat Gerakan Pramuka merupakan wadah organisasi kependidikan bukan organisasi kepemudaan,

namun sebuah angin segar bagi kami setelah mengikuti Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan se Jawa Barat di Kab. Purwakarta tercetus sebuah ide dan gagasan yang sudah usang na…