Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus 14, 2011

Peran Para Santri dan Sejarah Cirebon

Gambar
CIREBON saat ini tengah tertatih dalam usia yang makin renta. Dihitung dalam tahun masehi, konon Cirebon telah melewati perjalanan sejarah selama 538 tahun. Dan telah lama rakyat merindukan kehidupan yang penuh sejahtera di tengah kiprah manusia yang penuh kemunafikan dan ramai dengan geliat kemaksiatan.

Tampaknya penguasa Cirebon saat ini tak pernah mau membangun nilai-nilai sejarah yang sesungguhnya mampu menumbuhkan seraut wajah rakyat yang berjaya. Sejarah masa lampau tentang Cirebon yang pernah mengukir masa keemasan sebagai negeri yang tenteram, damai, dan dihuni masyarakatnya yang bergelimang kemakmuran, tampaknya kian terpinggirkan. Padahal menurut para ahli seperti Prof. Dr. Siti Humamah, dosen UGM, sejarah masa lampau Cirebon punya arti penting dan sarat dengan pelajaran bagi penguasa maupun rakyatnya.

Cirebon dulu hanyalah sebuah pedukuhan kecil bagian dari sebuah negeri besar Pakuan Pajajaran yang memiliki pelabuhan laut yang terletak di kaki Gunung Sembung dan Amparan J…

Wakil Walikota Cirebon Dijebloskan ke Rutan

BANDUNG (Pos Kota) – Wakil Walikota Cirebon Sunaryo dan mantan Ketua DPRD Kota Cirebon Sunarya, setelah menjalani pemeriksaan di Kejati Jabar selama tiga jam, Kamis petang akhirnya resmi dijebloskan ke Rutan Kebonwaru Bandung. Keduanya ditahan lantaran diduga kuat ikut terlibat korupsi berjamaah uang APBD senilai Rp 4,9 miliar.

“Kami sangat menyesalkan atas tindakan Kejaksaan yang memaksakan diri menahan Wakil Walikota dan mantan Ketua DPRD Cirebon. Kami melihat ada diskriminasi hukum,” kata Kuswara Taryono, Kuasa Hukum Wakil Wali Kota Cirebon.

Dia mengaku sangat kecewa atas pemaksaan penahan itu. Bahkan, kuasa hukum itu pun penilai adanya diskriminasi terhadap Sunaryo dan Suryana dengan terdakwa anggota DPRD lainnya.

“Semua mantan anggota DPRD periode 19995 -2004 meski kini sudah divonis tapi mereka tak pernah ditanah.Bahkan, masih ada mantan anggota yang masih dalam proses sidang tapi mereka pun sama tak pernah ditahan,”selsanya.

Meski begitu, lanjutnya, dia bersama rekan akan berup…

Kejati Jabar Periksa Wakil Walikota Cirebon & Mantan Ketua DPRD

BANDUNG (Pos Kota) – Wakil Wali Kota Cirebon Sunaryo, beserta ’soulmate-nya’ mantan Ketua DPRD Kota Cirebon Sunarya, diperiksa selama tiga jam di Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, karena diduga terbelit dan kecipratan uang hasil korupsi berjamaah uang Rp 4,9 miliar dari APBD tahun 2004.

Keduanya langsung diperiksa saat Kejati Jabar menberima limpahan berkas pemeriksaan dari Ditreskrim Polda Jabar. ” Ada dugaan Wakil Walikota dan mantan Ketua DPRD terjerat kasus APBD Gate tahun 2004,” kata Kepala Kejati Jabar Yuswa Kusumah, Kamis.

Baik Wakil Walikota mapun mantan Ketua DPRD menjalani pemeriksaan selama tiga jam di ruang Kepala Seksi Penuntutan Kejati di lantai VI. Menurut Yuswa Kusmah, Wakil Walikota Cirebon Sunaryo, merupakan ketua dan wakil ketua DPRD Kota Cirebon periode 1999 – 2004. Korupsi berjamaah Rp 4,9 miliar yang dilakukan ketua wakil ketua dan semua anggota DPRD kota itu diambil dari pos belanja barang dan jasa, katanya.

Yuswa Kusumah memaparkan, pemeriksaan terhadap wakil Walik…

Wakil Walikota Cirebon dan Mantan Ketua DPRD Kota Cirebon di Tahan

BANDUNG--MICOM: Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Kamis (18/8) menahan Wakil Wali Kota Cirebon Sunaryo dan Ketua DPRD Kota Cirebon periode 1999-2004 Suryana. Keduanya tersangka kasus dugana korupsi dana operasional APBD senilai Rp4,9 miliar.

Sunaryo dan Suryana ijebloskan ke Rutan Kebonwaru, Bandung, setelah sebelumnya menjalani pemeriksaan selama tiga jam lebih di ruang penyidik pidana khusus Kejati Jabar.

Asisten Pidana Khusus Kejati Jabar Fadil Jumhana mengungkapkan penahanan keduanya dilakukan berkas penyidik Polda Jabar dinyatakan P 21 atau lengkap.
"Alasan penahanan terhadap kedua tersangka, penyidik (Kejati Jabar) khawatir mereka melarikan diri, menghilangkan barang bukti, dan berbuat hal yang sama (menggunakan dana negara untuk kepentingan pribadi)," jelas Fadil.

Ia menambahkan keduanya terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara. "Mereka dikenakan Pasal 2 dan 3 Undang Undang (UU) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) tahun 1999," tuturnya.

Fadil menjelaskan meski pe…

H. Sunaryo HW, S.IP, MM dan H. Suryana di Tahan di Rutan Kebonwaru Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Tim Penuntut Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar, akhirnya menahan Wakil Wali Kota Cirebon, Sunaryo, dan mantan Ketua DPRD Kota Cirebon, Suryana, terkait kasus dugaan korupsi dana pos belanja barang dan jasa APBD 2004 sebesar Rp 4,9 miliar.

Usai diperiksa di Kejati selama empat jam, keduanya langsung digelandang ke Rutan Kebonwaru. Namun saat digiring menuju mobil tahanan di halaman parkir kantor Kejati, kedua tersangka sempat terlibat perdebatan dengan petugas Kejati. Keduanya dikawal ketat petugas, saat itulah terjadi kegaduhan dan kericuhan antara tersangka dan petugas.

Lengan kiri dan kanan kedua tersangka dipegangi petugas Kejati sambil berjalan tergesa-gesa menuju tangga. Keduanya merasa tak terima diperlakukan seperti itu. Karena itu tersangka melakukan perlawanan. "Jangan seperti ini, ngak bisa gini. Biasa aja santai. Ngak usah dipegangi, jalan sendiri juga bisa,’’kata Sunaryo dengan nada tinggi.

Saat diperiksa di Kejati Jabar, Sunaryo mengena…
Gambar
Dirgahayu Gerakan Pramuka ke-50 tahun " Pramuka Penyelamat Generasi Muda "


Dirgahayu Indonesia Ku... Indonesia Jaya...

Juknis Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Kesambi Kota Cirebon

Gambar
PETUNJUK PELAKSANAAN
LOMBA TINGKAT II ( DUA ) REGU PRAMUKA PENGGALANG
TINGKAT KWARTIR RANTING KESAMBI
TAHUN 2011

I. PENDAHULUAN
Bahwa dalam rangka usaha mencapai tujuan Gerakan Pramuka, maka diselenggarakan pendidikan kepramukaan yang berbentuk kegiatan-kegiatan yang menarik mengandung pendidikan, sehat dan berguna bagi hidup, kehidupan anak, remaja dan pemuda untuk saat ini dan masa depan mereka.

Sebagaimana telah digariskan bahwa segala bentuk kegiatan Kepramukaan yang dilaksanakan atas dasar Prinsip-Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan yang tujuan sasarannya adalah upaya pembinaan dan pengembangan watak serta pembinaan bangsa, yang bersumber pada kehidupan kodrati anak, remaja dan pemuda sehari-hari.
Kita tahu bahwa “ Berlomba “ merupakan sifat anak, remaja dan juga pemuda dalam kegiatannya sehari-hari dan dapat digunakan sebagai alat pendidikan dalam mencapai Tujuan Gerakan Pramuka.


Maksud dan tujuan Petunjuk Pelaksanaan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagai peganga…

Upacara Ucap Ulang Janji

Dalam Rangka Peringatan HUT Pramuka ke- 50 tahun, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Cirebon Jawa Barat, melaksanakan agenda rutin tahunan berupa Apel Ucap Ulang Janji pada malam Kelahiran Gerakan Pramuka.
Acara yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2011 dan di mulai pada pukul 21.00 WIB bertempat di Halaman Belakang Balaikota Cirebon.
Ucap Ulang janji merupakan pengucapan janji kembali para anggota pramuka terhadap Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, yang di ucapkan oleh para anggota Pramuka Dewasa dan diikuti oleh seluruh peserta Upacara.

bertindak sebagai Inspektur Upacara Kak. H. Adam Karsono, S.Sos-MG Wakil Ketua Binawasa Kwarcab Kota Cirebon / Ketua Pusdiklatda Kwarda Jawa Barat.


Acara Ucap Ulang janji di ikuti oleh 300 anggota Pramuka Penegak & Pandega perwakilan masing-masing Gugus Depan, dan juga seluruh Pengurus Kwartir Cabang Kota Cirebon, Pengurus Ranting Se- Kota Cirebon, Pimpinan dan Pamong Satuan Karya Pramuka Se- Kota Cirebon.
Bertindak sebagai Pimpinan Upacara …

SAMBUTAN KETUA KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA PADA, PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-50

Gambar
SAMBUTAN
KETUA KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA
PADA,
PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-50
14 AGUSTUS 2011

Yang terhormat
Kakak-kakak Ketua Mabida dan Mabicab Gerakan Pramuka,
Kakak-kakak Ketua Kwarda, Kwarcab dan Kwarran Gerakan Pramuka,
Kakak-kakak Pelatih, Pembina, Pamong dan Instruktur Gerakan Pramuka,
Adik-adik Pramuka yang saya banggakan,
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Salam Pramuka,

Marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul bersama pada hari ini dalam keadaan sehat walafiat untuk memperingati Hari Pramuka ke 50 atau Tahun Emas yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2011. Tema peringatan ulang tahun emas Gerakan Pramuka tahun 2011 ini adalah “Pramuka Penyelamat Generasi Muda”.
Selaku Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, perkenankanlah saya pada kesempatan yang berbahagia ini menyampaikan ucapan Selamat Hari Pramuka ke 50 kepada segenap keluarga besar anggo…