Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 9, 2011

Makalah Managemen SDM

BAB. I
PENDAHULUAN

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Menurut Henry Simamora dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik..

Menurut Edwin B. Flippo, manajemen personalia/SDM adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemberhentian karyawan atau pegawai, dengan maksud terwujudnya tujuan organisasi, individu, karyawan dan masyarakat.
Dari keempat definisi menurut para ahli mengenai Manajemen sumber daya manusia tersebut, dapat disimpulkan bahwa Manajemen …

MAKALAH AZAS-AZAS MANAJEMEN

PENTINGNYA SUATU PERENCANAAN DI DALAM MENENTUKAN MASA DEPAN SUATU PERUSAHAAN

(MAKALAH INI UNTUK MELENGKAPI PERSYARATAN UJIAN TENGAH SEMESTER)


BAB I
PENDAHULUAN

HAKIKAT PERENCANAAN
Perencanaan pada hakikatnya adalah pemilihan saat ini terhadap kondisi masa depan yang kita hendaki, beserta langkah-langkah yang kita perlukan untuk mewujudkan kondisi - kondisi tersebut. Perencanaan merupakan salah satu fungsi utama dalam manajemen, karena perencanaan adalah suatu proses pendefinisian tujuan - tujuan organisasi yang kemudian diartikulasikan /menyajikan dengan jelas strategi - strategi, taktik - taktik, dan operasi yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam arti lain perencanaan adalah proses membuat peta perjalanan menuju masa depan dan perencanaan tidak berhenti setelah perencanaan dihasilkan, akan tetapi merupakan proses yang terus menerus dilaksanakan untuk memuktahirkan, mengubah dan mengganti peta selama perjalanan masa depan.

Menurut Newman perencanaan Planning is deciding in advan…

Prosesi Nuju Bulanan sebagai Bagian dari Budaya

Kebudayaan nujuh bulanan secara umum dapat diartikan sebagai tradisi atau ritual dimana ritual ini dimaksudkan bagi wanita hamil yang kandungannya mencapai usia 7 bulan mengadakan ritual nujuh bulanan untuk keselamatan bayi yang di kandungnnya. Permasalahan-permasalahan dalam penelitian ini adalah apa yang di maksud dengan kebudayaan nujuh bulanan, bagaimana prosesi upacara nujuh bulanan, dan makna apa saja yang terkandung dalam setiap prosesi upacara nujuh bulanan. Tujuan dari penulisan ini adalah penulis ingin mendeskripsikan kebudayaan nujuh bulanan, bagaimana prosesi nujuh bulanan itu berlangsung, dan menjelaskan makna dari simbol-simbol yang terdapat pada ritual nujuh bulanan. Dalam penelitiannya penulis menggunakan metode observatif parsitipatif dalam pengumpulan data. Data-data dalam penelitian ini diambil dari hasil wawancara penulis dengan seorang informan. Berdasarkan pada penelitian, penulis mampu mendeskripsikan kebudayaan nujuh bulanan secara umum dan menyeluruh.

DESKRIPSI…

“ PROSPEK BISNIS UKM “ Dalam Era Perdagangan Bebas dan Otonomi Daerah

“ PROSPEK BISNIS UKM “
Dalam Era Perdagangan Bebas dan Otonomi Daerah
Makalah ini disusun sebagai syarat untuk mengikuti UTS
Mata Kuliah Sistem Ekonomi Indonesia



Disusun Oleh :

KELOMPOK III

1. Gita Amanda : 109090062
2. Edi Pamungkas : 109090068
3. Sumarni : 109090070
4. Sutirman : 109090078

Semester / Tingkat : III / II


PROGRAM STUDY ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI
CIREBON
TAHUN 2010




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat Rahmat dan karunia-Nya, sehingga makalah kelompok ini dapat diselesaikan. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Ekonomi Indonesia sebagai syarat mengikuti Ujian Tengah Semester sebagai mahasiswa Program Study Adiminstrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, namun demikian Kelompok III berharap makalah ini juga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi semua pihak.
Kelompok III menyadari ma…