Postingan

Menampilkan postingan dari Juli 25, 2010

SINTA AND JOJO KEONG RACUN ( mrd3lo ).flv.3gp

Keraton Kacerbonan

Gambar
Kraton ini berada diwilayah kelurahan Pulasaren, kecamatan Pekalipan. Dari Stasiun Parujakan jaraknya hanya + 1 km, atau 10-15 menit dengan menumpang becak kearah Tenggara.

Kraton Kacerbonan sebenarnya merupakan sempalan atau pemekaran dari Kraton Kanoman. Pemekaran tersebut terjadi setelah Sultan Anom IV, PR Muhammad Khaerudin wafat. Konon, seorang putra mahkota yang semestinya berhak menjadi sultan anom, diasingkan oleh Belanda ke Maluku karena dianggap sebagai pembangkang dan pemberontak Kolonial Belanda. Ketika dia kembali ke Cirebon, tahta sudah diduduki oleh saudaranya, PR Abu Sholeh Imanudin. Atas dasar kesepakatan intern keluarga, PR Anom Madenda membangun istana Kacerbonan, kemudian Carbon I sebagai Sultan Kacerbonan pertama.

Wisata Kalijaga Petilasan Sunan Kalijaga

Gambar
Situs ini terletak di wilayah Kelurahan Kalijaga, kecamatan Harjamukti. Dari terminal bis Harjamukti jaraknya hanya berkisar 500 meter kearah Selatan.

Situs ini disebut juga dan atau dikenal sebagai taman kera Kalijaga, karena disitus ini terdapat banyak sekali kera yang telah beradaptasi dengan pengunjungnya. Tradisi meyakini bahwa kera-kera tersebut berasal dari jelmaan pada pengikut Sunan Kalijaga yang tidak mematuhi ajaran Rosulullah. Uniknya kera-kera tersebut seakan-akan mengerti akan batas wilayah mereka. Kera-kera dari kelompok selatan tidak mau membaur dengan kera-kera dari kelompok Utara dan begitu pula sebaliknya. Pada waktu-waktu tertentu, merekapun terlibat dalam tawuran. Mereka berteriak-teriak seakan-akan saling mengejek lalu baku hantam dan baku gigitpun terjadi. Tidak jarang perkelahiran antar kelompok ini dapat menimbulkan kematian yang tragis.

Yang lebih unik lagi pada saat perebutan kekuasaan untuk menduduki status atau tampuk pimpinan. Kera-kera senior yang sudah…

Taman Sari Guha Sunyaragi

Gambar
Tamansari Gua Sunyaragi atau biasa dikenal dengan sebutan Gua Sunyaragi saja, adalah bekas tamansari pesanggrahan dari kraton Kasepuhan yang berfungsi utamanya untuk menyepi atau berkhalwat, sesuai dengan namanya, sunyaragi yang berarti tempat untuk menyepi atau mengasingkan raga (sunya berarti sepi dan ragi berarti raga). Sebutan Gua dalam hal ini bukanlah gua alam, melainkan gua artificial. Dengan kata lain gaya arsitektur tamansari ini banyak menyerupai gua dan itulah yang menjadi daya tarik utama dari tamansari gua Sunyaragi. Dari bagian-bagian yang tersisa wisatawan pun dapat menyimpulkan, bahwa dahulu gua gua Sunyaragi banyak dihiasi air, bahkkan ada sebuah tempat berkholwat yang bertiraikan air terjun. Selain itu ada juga tempat berkhalwat menuju Tiongkok dan menuju Mekah.

Tradisi mengatakan, bahwa tamansari gua Sunyaragi didirikan sejak 1448 Saka (gajah derum tirta linuwih; gajah = 8, derum = 4, tirta = 4, linuwih = 1) atau tahun 1526 M oleh Panembahan Gusti Ratu Pakungwati I a…

Gagal dapat Rutilahu

Setiap tahun anggota DPRD Kota Cirebon dibekali dana jaring aspirasi masyarakat (jasmara) sebesar Rp500 juta/anggota dewan. Dana tersebut digunakan untuk berbagai kegiatan yang melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD), salahsatunya dana bantuan rumah tidak layak huni (rutilahu).

Menurut Kabid Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnekertrans) Dra Maemunah MSi, dari 670 pengajuan bantuan rutilahu yang diajukan oleh anggota DPRD, hanya 640 yang memenuhi persyaratan.
“Sehingga jika anggaran rutilahu untuk 670 KK sebesar Rp1.959.500.000, dengan adanya 40 rumah yang tidak lolos verifikasi, maka dikurangi sebesar Rp111.500.000,” kata dia kepada Radar, Senin (26/7).

Dia juga mengatakan, untuk 40 KK yang tidak memenuhi kriteria tersebut selanjutnya akan dikembalikan kepada masing-masing fraksi. Selain itu, anggaran sebesar Rp111.500.000 juga dikembalikan kepada masing-masing anggota dewan yang mengajukan. “Sedangkan untuk proses pencairan dana rutilahu direncanakan pada tan…

PPDB 2010 masih saja berpolemik

Statemen Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SMA Swasta Kota Cirebon, Drs Abu Malik MPd bahwa pelaksanaan PPDB tahun ini gagal, sekaligus meminta Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA menyelesaikan kasus SMAN 3 yang kelebihan rombel ditanggapi langsung Ketua MKKS SMA, Drs H Wirsad Yuniuswoyo MPd. Menurut Wirsad, MKKS jika diibaratkan dengan kelas, maka ketua MKKS ini hanya KM (ketua murid).
“Tadi pagi (kemarin pagi, red) Abu malik meminta maaf kepada saya terkait statemen yang kebablasan. Abu jelas salah sasaran jika membidik MKKS, saya terus terang tidak bisa mengubah sistem yang ada,” kata Wirsad ditemui di ruang kerjanya, kemarin (23/7).

Mantan kepala SMAN 2 Kota Cirebon itu mengungkapkan, program yang menjadi kebijakan MKKS di antaranya sebatas melakukan rekomendasi kepada pihak sekolah menjelang pelaksanaan UN harus menyelenggarakan try out.
“Program MKKS itu hanya rekomendasi saja. Terus terang terkait kelebihan rombel (rombongan belajar, red), kalau Mas tanyakan siapa s…