Postingan

Menampilkan postingan dari Juli 4, 2010

KEPRAMUKAAN

Gambar
I. PENDAHULUAN
Selama ini penggunaan istilah Gerakan Pramuka, Kepramukaan dan Pramuka, nampak masih digunakan secara tumpang tindih, sehingga terkesan mengaburan pengertian sebenarnya.
- Gerakan Pramuka, adalah nama organisasi pendidikan luar sekolah yang menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.
- Kepramukaan, adalah nama kegiatan anggota Gerakan Pramuka.
- Pramuka, adalah anggota Gerakan Pramuka yang teridiri dari anggota muda peserta didik (Siaga, Penggalang, Penegak), anggota dewasa muda (Pandega)
Anggota Siaga usia 7 – 10 tahun,
Anggota Siaga yang tergabung dalam kesatuan yang berjumlah 5 sampai dengan 10 anggota Siaga disebut satu Barung.
Gabungan kesatuan 2 sampai dengan 4 Barung menjadi satu Perindukan.
Kecakapan Pramuka Siaga diperoleh melewati pengujian Syarat Kecakapan Umum (SKU), dengan jenjang kenaikan sebagai berikut: (1) Siaga Mula; (2) Siaga Bantu; (3) Siaga Tata.
Anggota Penggalang usia 11 – 15 tahun,
Anggota Penggalang yang…

PERAN, TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PEMBINA PRAMUKA

Gambar
I. PENDAHULUAN
1 Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda, guna menumbuhkan bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, yang sanggup bertanggung jawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional.

2 Kepramukaan merupakan sistem pembinaan dan pengembangan sumberdaya atau potensi kaum muda agar menjadi negara yang berkualitas yang mampu memberikan sumbangan positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat baik nasional maupun internasional.

3. Dalam kepramukaan proses pendidikan terjadi karena adanya pertemuan yang interaktif dan komunikatif yang digerakan oleh Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang dilaksanakan secara teratur, terarah, terencana dan berkesinambungan oleh peserta didik sendiri dengan dukungan orang dewasa.

4. Orang Dewasa yang terlibat langsung dalam proses pendidikan tersebut di atas ialah Pembina Pramuka.

II. MATERI POKOK
1. Peran Pembina
a. Pembina Pramuka adalah anggota dewasa yang langsung bergiat bersam…

Komunikasi dan Bergaul dengan Peserta Didik

Gambar
I. PENDAHULUAN
Untuk dapat melaksanakan Program Kegiatan Peserta Didik ( PRODIK ) yang telah di susun bersama, Pembina Pramuka dalam satuan hendaklah menciptakan Komunikasi yang baik dan mengadakan pergaulan yang harmonis dengan Peserta Didik, dan sebagai anggota masyarakat kiranya menjadi kewajiban kita pula untuk mengadakan komunikasi dengan masyarakat sebagai faktor pendukung keberhasilan pendidikan yang kita laksanakan.

II. MATERI POKOK
1. Bergaul dalam Satuan Pramuka adalah segenap aktivitasi penyatu paduan antara kegiatan, Pembina dan Peserta didik, sehingga akan timbul hubungan timbal balik yang bermanfaat antara kegiatan - pembina - peserta didik yang saling mempengaruhi sehingga akan tercapainya kesuksesan.

2. Dengan adanya komunikasi yang baik, antara Pembina dengan Peserta didik akan dapat menghilangkan rintangan - rintangan komunikasi mencegah kesalah pengertian, dan mengembangkan pembentukan sikap. Lebih lanjut komunikasi dan bergaul bertujuan untuk menggiatkan peserta did…

Skandal BANK CENTURY dalam pandangan Sosial Politik Fraksi Inisiator

Makalah Kelompok III : Ilmu Administrasi Negara Republik Indonesia - PRodi Adm.Negara Fisip Unswagati Cirebon

BAB. I
PENDAHULUAN

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa selama bulan November 2009 hingga awal Maret 2010 yang merupakan awal-awal Pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudoyono yang terpilih kembali untuk kedua kalinya lewat Pemilihan Presiden secara langsung pada Pemilu Presiden tahun 2009, rakyat Indonesia di berikan berita yang hampir tidak ada henti-hentinya dari berbagai media baik cetak maupun elektronik, yaitu tentang seputar Kasus Bank Century, kasus ini semakin heboh dan bahkan menenggelamkan seluruh persoalan-persoalan lain yang sedang dirasakan oleh bangsa Indonesia dan rakyat Indonesia pada khusunya, bagaimana tidak heboh, karena disinyalir dari pendapat beberapa Fraksi di DPR-RI bahwa Kasus Bank Century melibatkan para pembesar dan penguasa negeri ini.

Kasus Bank Century sesungguhnya merupakan sejarah baru dalam kehidupan bangsa Indonesia, karena untuk pertama kal…

Ajakan Ka. Mabinas Gerakan Pramuka

Gambar
Foster ajakan Presiden SBY sebagai bentuk ajakan terhadap Revitalisasi Gerakan Pramuka.

Solusi Menciptakan " GOOD GOVERNMENT "

Gambar
BAB. I
PENDAHULUAN

Salah satu agenda reformasi total di Indonesia adalah menciptakan Good Governance ( GG ) dalam rangka membentuk Indonesia Baru. GG adalah istilah yang belakangan ini populer menyusul terbentuknya pemerintahan yang baru yang secara umum dari kata-katanya muda diterka artinya karena kata-kata itu berlawanan dengan “ poor governance “ atau pemerintahan yang parah yang menunjuk pada pemerintahan yang lama semasa orde baru yang disinyalir penuh dengan kecurangan dan KKN. Saat ini, ketika wakil-wakil rakyat bersidang di MPR maka istilah itu menjadi penting, karena karena kalau tidak, maka Indonesia akan kembali masuk dalam kemelut yang berlarut-larut.
Sebenarnya secara khusus istilah good govermment mulai banyak digunakan sekitar tahun 1990-an ketika mass media mulai ramai mempersoalkan KKN dan kebocoran yang terjadi dalam pengelolaan bantuan luar negeri terutama pinjaman Bank Dunia. Istilah ini sedini tahun 1995 telah dipopulerkan oleh badan PBB – UNCHS dan ditujukan deng…