Semangat Narakarya 2 memicu pembina dan peserta didik Giat Berlatih


Teriknya matahari pagi ini tidak menyurutkan semangat berlatih anak anak Pramuka Pangkalan SDN Karyamulya 2 Kota Cirebon, pasalnya masih dalam suasana Narakarya 2 Kak Ayi yang juga Peserta KML 2017 ini dalam 6 bulan ini sedang dalam pengawasan Pelatih Pendamping dalam program pengembangan atau Rencana Tindak Lanjut pasca mengikuti KML 2017.


Ditemui crew Kavling 13 di sela sela latihannya mengatakan, " Latihan ini sebagai program pengembangam dari apa yang sudah saya dapatkan pada saat KML kemarin " . ungkap guru kelas yang sdh hampir 12 tahun menjadi tenaga honorer di SDN Karyamulya 2 ini. 

Walau status sebagai guru honorer namun semangat dan dedikasi kepada peserta didik tak pernah surut sedikitpun, maka ketika ditanya tentang tugas dan kewajiban seorang pembina beliau dengan gamblangnya menyampaikannya " sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tanggung jawab seorang pembina Pramuka itu cukup besar, antara lain pembina harus bisa menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan yang teratur dan terarah sesuai dengan visi dan misi Gerakan Pramuka, ini yang slalu memotivasi saya tuk slalu ada latihan dan kegiatan di pangkalan ini." 

Lebih lanjut menurut guru kelas ini menyampaikan " pembina juga harus slalu menjaga pelaksanaan PDMPK pada semua kegiatan Kepramukaan., agar peserta didik mempunyai kepribadian yang baik, berwatak dan berbudi pekerti yang luhur dan setia pada negara dan bangsanya" imbuhnya
" dan yang paling berat dari seorang pembina itu adalah harus bertanggungjawab kepada Tuhan YME, masyarakat dan dirinya sendiri."

Ditempat yang sama nampak Kak Hj. Apriani Dinni SN, M.Pd.I-MT, kaMabigus SDN Karyamulya 2 juga turut mengamati dan selalu memberikan bimbingan kepada pembinanya, Kamabigus yang super sibuk karena jabatanya di beberapa lembaga seperri Kwarcab Kota Cirebon, Kwarran Kesambi, PGRI Kota Cirebon dan ICMI Kota Cirebon. 

Kamabigus yang dalam beberapa waktu dekat akan melaunching penerbitan buka puisi yang keduanya ini juga mwnyampaikan akan peran pembina Pramuka " Pembina Pramuka itu punya peran yang sangat luar biasa karena bukan saja berperan sebagai pendidik tapi juga sebagai orang tua yang dapat menjelaskan nasihat dan bimbingan, guru yang mengajarkan pengetahuan dan ketrampilan, kakak yang melindungi adiknya, pembina.juga berperan sebagai mitra atau teman yg dapat dipercaya, konsultan tempat bertanya, itu yang sangat penting dari seorang pembina.

Lebih lanjut dan tegas Kamabigus yang pada tahun 2015 lalu mendapatkan Lencana Pancawarsa dari Kwarda Jabar ini juga menyampaikan " peran pembina juga sebagai.motivator dan faailitator di setiap kegiatan.peserta didik." imbuhnya.

Nampak dilapangan upacara pasca upacara pembukaan langsung pengisian SKU Penggalang Ramu, peaerta didik nampak senang mengikuti.kegiatan itu,.apalagi sebagian beberapa.waktu lalu mengikuti latihan gabungan penggalang sesama peserta Narakarya 2.

Kamabigus dan Pembina Pangkalan SDN Karyamulya berharap semoga kegiatan ini trus berjalan lancar dan tidak karena ada progra pengembangan saja, tapi rutin digalakan di setiap.hari sabtunya.

@putusally13052017
#kavling13

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibu Hj. Apriani Dinni Siti Nurbaini, M.Pd.I, Penerapan Pemimpin Transformasional Kepala Sekolah