Cirebon jadi Ibukota Provinsi Jabar ga lg mimpi kan ?

Kota Cirebon jadi ibu kota Jawa Barat?
Sejumlah pengamat dan politisi menyangsikannya. Mimpi kali yee… Salah seorang yang meragukannya adalah politisi Partai Hanura, Yudi Krisnandi. Mantan politisi Partai Golkar yang pernah berambisi maju pada Pilpres 2009 itu menilai wacana tersebut sulit terwujud dalam waktu dekat. Infrastuktur jadi salah satu kendalanya. “Pemindahan ibu kota provinsi ke Cirebon mungkin baru bisa terwujud 20 tahun kemudian. Itu pun harus didesain secara matang dan cermat perencanaanya dari sekarang,” kata Yudi Krisnandi.
Selain biaya tinggi untuk pembangunan infrastruktur, pemindahan ibu kota provinsi juga menimbulkan dampak sosial ekonomi sehingga konsepnya harus dibuat secara matang dan asal-asalan. “Kalau cuma nyeplok di mulut tanpa perencanaan jelas, pemindahan tersebut sampai kapan pun nggak bakalan terwujud.

Contohnya rencana pembentukaan Provinsi Cirebon yang sebenarnya sudah digaungkan sejak 10 tahun lalu,” kata dia. Yudi sanksi proses pemindahan ibu kota tersebut bakal terwujud dalam tempo cepat. Dia mengaku tidak bisa membayangkan bagaimana memindahkan gedung sate seluas 10 hektare ke Cirebon.
Belum lagi harus membangun kantor-kantor dinas dan pegawai-pegawai yang bakal mengisinya. “Terus mereka mau tinggal dimana sementara di Cirebon belum ada apartemen maupun perumahan yang layak. Sementara mereka harus mengurus 47 juta rakyat Jawa Barat,” jelas Yudi. Wacana pemindahan ibu kota Jabar dari Bandung ke Cirebon dilontarkan Anggota Komisi A DPRD Jabar, Deden Darmansyah.
Dia menyebutkan, pembentukan Provinsi Cirebon masih terhambat moratorium pemekaran provinsi yang belum dicabut pemerintah pusat. Karena itu, dia mengapungkan wacana pemindahan ibu kota Jabar ke Cirebon. [ing]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prosesi Nuju Bulanan sebagai Bagian dari Budaya

Solusi Menciptakan " GOOD GOVERNMENT "

SEJARAH PERKEMBANGAN TRADISI NADRAN DI CIREBON