Kamabigus Pangkalan SDN Karyamulya II Kota Cirebon Lantik Pratama, Pinru dan Wapinru Gudep 04-085 - 04-086





Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di dalam Gerakan Pramuka kita mengenal istilah Upacara pelatikan, dimana upacara pelantikan merupakan serangkaian upacara dalam rangka memberikan pengakuan dan pengesahan terhadap seorang pramuka atas prestasi yang dicapainya ataupun tanggungjawab yang akan di embanya.


Begitu juga yang dilaksanakan di Gugus Depan 04-085 – 04-086 Pasukan Aria Kemuning – Sekar Kemuning Pangkalan SDN Karyamulya Kota Cirebon, dalam latihan rutinya di hari sabtu tadi 15/04, telah di laksanakan pelantikan Ketua Regu Utama ( Pratama ), Pemimpin Regu ( Pinru ) dan Wakil Pemimpin Regu ( Wapinru) Putra dan Putri.
Uapacara pelantikan tersebut di pimpin langsung oleh Kamabigus SDN Karyamulya II Kota Cirebon Kak Hj. Apriani Dinni SN, S.Ag, M.Pd.I di dampingi para Pembina Satuan, Pembina Gudep dan para Pembantu Pembina. Dalam sambutanya Kamabigus menekankan pentingnya upacara pelantikan ini sebagai alat pendidikan “ adik-adik sekalian, alhamdulilah di pagi yang cerah ini akan dilantik di hadapan kakak-kakak pembina dan adik-adik sekalian, teman adik-adik semua yang sudah di percaya oleh adik-adik untuk menjadi Pratama, Pemimpin Regu dan Wakil Pemimpin Regu di Gudep 04-085 – 04.086 pangkalan SDN Karyamulya II Kota Cirebon yang kita cintai dan banggaan ini “.

“ kakak-kakak dan adik-adik sekalian bahwa Upacara pelantikan ini bertujuan agar para pramuka yang dilantik mendapat kesan yang mendalam dan membuka hatinya untuk dapat menerima pengaruh Pembina dan pemimpin regunya dalam upaya membentuk manusia yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, bertakwa kepada tuhan YME, peduli pada: tanah air, bangsa, masyarakat,alam linkungan serta peduli pada dirinya sendiri dengan berpedoman pada satya dan darma pramuka”. Imbuh Kamabigus yang juga aktif di Kwarran Kesambi, Kwarcab Kota Cirebon, PGRI Kota Cirebon dan ICMI Cirebon.
Upacara yang berlansung khitmat itu melantik Pratama Putra dan Pratama Putri, 3 Pinru Putra dan Putri dan 3 orang Wakil Pinru Putra dan putri dengan bendera merah putih di dada kiri yang dilantik dengan di iringi tanya jawab dan kata-kata pelantikan sambil mengucap ulang Tri Satya yang merupakan janji dan ketentuan moral anggota pramuka, di akhiri dengan penyematan tanda jabatan di saku baju kanan yang dilantik, pembacaan do’a dan ucapan selamat dari Kamabigus, Pembina dan Pembantu Pembina.

Di sela-sela Upacara Pelantikan Pembina Satuan Putri Kak Ayi Kusmiati, S.Pd.SD di dampingi Pembina Satuan Putra Kak Denni Maulana, berharap  agar adik-adik yang baru dilantik senantiasa bertanggung jawab dan amanah terhadap jabatan yang di embanya, walau dari satuan terkecil sekalipun, “ kami Pembina berharap, bahwa berangkat dari satuan terkecil lah seperti Regu dan Satuan Pramuka Penggalang kita mengajarkan anak-anak tentang arti dan mamfaat kepemimpinan sejak dini , tinggal bagaimana peran dan fungsi Kamabigus dan para pembina di Gudep ini untuk terus menerus memberikan pelatihan sesuai dengan jadwal dan program yang sudah ditentukan, baik itu program di satuan Gudep maupun program kegiatan Partisipasi yang diselenggarakan oleh Kwarran Kesambi maupun Kwarcab Kota Cirebon”. Tambah Kak Ayi yang baru saja selesai mengikuti Kursus Pembina Pramuka Tingkat Mahir Lanjutan ( KML Kesambi 2017). ***putusali
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prosesi Nuju Bulanan sebagai Bagian dari Budaya

Solusi Menciptakan " GOOD GOVERNMENT "

SEJARAH PERKEMBANGAN TRADISI NADRAN DI CIREBON