Kunjungan Ke Keraton Cirebon

Mengunjungi tempat bersejarah bisa menjadi rekreasi tersendiri bagi sebagian orang. Pasalnya, disamping bermain dan mencari pengalaman, pengunjung dapat memperoleh ilmu yang ada di tempat tersebut. Pengunjung dapat merasakan aura masa lampau yang masih kental terasa. Tempat bersejarah seperti Keraton yang ada di Cirebon misalnya.


Sebanyak 68,18 persen sobat Xpresi kita pernah berkunjung ke Keraton. Yuk intip komentar teman kita yang di MAN Ciwaringin saat berkunjung ke Keraton. Komentar pertama berasal dari Ita Anita. Ita yang merupakan orang asli Cirebon, mengaku tak pernah bosan untuk berkunjung ke Keraton. ”Rumah aku nggak jauh dari Keraton. Hampir setiap minggu aku main kesana,” akunya. Namun, kebiasaan mengunjungi Keraton tiap minggu tidak dilakukan lagi setelah Ita memutuskan untuk pesantren dan bersekolah di MAN Ciwaringin. ”Tapi, minimal setahun sekali aku pasti kesana. Tiap aku pulang ke rumah juga nyempetin ke Keraton,” ungkap siswi kelas XI Bahasa 2 ini. Bagi Ita, Keraton merupakan tempat istimewa. ”Lebih tepatnya di halaman Keraton. Banyak banget kenangan bersama teman kecilku di situ. Jadi kangen masa kecil,” ucapnya. Komentar selanjutnya datang dari Zaky Mubarok. Siswa kelas XI IPS 1 ini sering berkunjung ke Keraton.

Ia berkunjung ke Keraton dengan tujuan tertentu. ”Aku kesana buat ngerjain tugas penelitian sejarah gitu. Dari Keratonnya juga ada pembimbingnya. Lebih mudah penelitiannya,” papar Zaky. Saat ditanya tentang perasaannya berkunjung ke Keraton, Zaky mengaku sangat senang melihat benda-benda pusaka. ”Ada yang beda aja pas ngeliatnya. Unik dan serasa balik ke jaman dulu,” kata Zaky.

Tak jauh berbeda dengan Zaky, Burhan Fauzi sering sekali berkunjung ke Keraton untuk melihat sejarah dan sekedar bermain saja. Meskipun Burhan sudah berkali-kali berkunjung ke Keraton, namun ia mengaku selalu nyaman berlama-lama di Keraton. ”Nggak tahu kenapa, nuansa di Keraton beda. Aku kalau kesana kadang sama teman-teman, saudara, ataupun sama keluarga,” ujar siswa kelas XI IPS 2 ini. Menurut Burhan, berkunjung ke Keraton merupakan suatu kewajiban bagi masyarakat Cirebon terutama. ”Soalnya apa nggak malu kalau kita nggak tahu tempat bersejarah di kota sendiri?”. (Radar cirebon faroha)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prosesi Nuju Bulanan sebagai Bagian dari Budaya

Solusi Menciptakan " GOOD GOVERNMENT "

SEJARAH PERKEMBANGAN TRADISI NADRAN DI CIREBON