Ibu Hj. Apriani Dinni Siti Nurbaini, M.Pd.I, Penerapan Pemimpin Transformasional Kepala Sekolah

Kavling13.Blogspot.com, Ngopi siang hari ini 3/12 dengan Sosok Ibu Hj. Apriani Dini SN, M.Pd.I sangat familiar dikalangan guru dan anggota Pramuka Kota Cirebon, seorang guru berprestasi dan Kepala Sekolah Baru serta  mengigat Kepala Sekolah SDN Karyamulya II Kota Cirebon terlibat aktif di beberapa organisasi baik organisasi profesi maupun organisasi kependidikan, seperti di PGRI Kota Cirebon beliau aktif sebagai Wakil Bendahara, di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Cirebon beliau menjabat sebagai Andalan Cabang Urusan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Putri, di Kwarran Kesambi juga menjabat sebagai Andalan Ranting Urusan Organisasi dan Hukum dan jabatan yang baru saja dipercayakan kepada beliau adalah Wakil Bendahara ICMI Kota Cirebon'

Perempuan berkaca mata Kelahiran Bandung, 3 Desember 1975 penerima Penghargaan Pancawarsa I dari Kwarda Jawa Barat ini, adalah sosok yang ngemong trutama kepada DKC Kota Cirebon sebagai wadah pembinaannya.
Ibu dari 1 putri dan 1 putra sangat sibuk luar biasa di setiap harinya dipenuhi kegiatan-kegiatan organisasi dan tentu saja tetap tidak meninggalkan jabatan pokok sebagai seorang Kepala Sekolah. dimana kehadiran sosok Ibu Dinni biasa disebut, sangat mempengaruhi perkembangan sekolah yang baru pertama kali jadi Kepala Sekolah dan di tempatkan di SDN Karyamulya II Kota Cirebon. bahkan kehadiranya sangat disambut dan diterima baik oleh guru-guru, komite sekolah, orang tua murid dan tentunya siswa dan siswi SDN Karyamulya II Kota Cirebon
di temui disela-sela kesibukannya Menjadi Kepala Sekolah yang menurutnya merupakan bagian dari ibadah dan penerapan kemampuan dirinya dalam mengelolah manajemen kependidikan, terbukti banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan dan banyak perubahan yang terjadi di sekolah tersebut. Hal ini lebih didasari pada penerapan Pola Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah yang diterapkan oleh penggemar traveling ini.
"Seluruh komponen bangsa baik orang tua, masyarakat maupun pemerintah bertanggungjawab mencerdaskan bangsa melalui pendidikan. Hal ini adalah salah satu tujuan bangsa Indonesia yang diamanatkan oleh pembukaan UUD 1945 alinea IV" menurutnya yang menjadi dasar utama mengambdi di dunia kependidikan, membuka pembicaraannya.
menurutnya " Banyak faktor yang mempengaruhi dunia pendidikan diantaranya adalah kepemimpinan yang dipraktekkan oleh seorang Kepala Sekolah. Seorang Kepala Sekolah adalah seorang pemimpin yang akan menentukan langkah-langkah pendidikan yang efektif di lingkungan sekolah. Kepemimpinan menjadi satu kekuatan penting dalam rangka pengelolaan suatu organisasi. Dengan demikian kemampuan memimpin secara efektif merupakan kunci untuk menjadi seorang manajer yang efektif".
" Kepemimpinan merupakan salah satu unsur yang menentukan dalam keberlangsungan dan perkembangan organisasi termasuk organisasi pendidikan. Di zaman yang terus mengalami perubahan dan perkembangan seperti sekarang ini, kepemimpinan yang peka terhadap perubahan dan perkembangan akan diperlukan dalam memberdayakan semua potensi yang dimiliki organisasi untuk terus belajar dan tanggap terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi serta semakin berusaha dalam meningkatkan performa organisasinya. Demikian pula sekolah, sebagai suatu organisasi yang terus belajar dalam pengertian dinamis dan tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi semakin membutuhkan kepemimpinan yang dapat menjawab tantangan, pembaharuan dan aspirasi terhadap perubahan yang terjadi" sambungnya
" Sistem manajerial yang dikembangkan di SD Negeri Karyamulya II Kota Cirebon  yang adalah sebuah Sistem Manajemen Paripurna. Dimana Kepala Sekolah memposisikan dirinya sebagai pemimpin yang membuat kebijakan-kebijakan umum sesuai dengan bidang-bidang yang ada, memberi pertimbangan dan motivasi, melakukan pengawasan serta evaluasi. Dalam menjalankan seluruh program kegiatan yang telah dirancang sebelumnya, akan melibatkan segala sumber daya yang dimiliki. Di lain pihak, keberhasilan pelaksanaan program yang ada akan dipengaruhi oleh isi program tersebut, komunikasi, motivasi kerja, koordinasi dan sebagainya. Dengan demikian, Kepala Sekolah akan mempraktikkan kepemimpinan tersendiri dalam mengorganisir seluruh pegawainya sehingga tujuan SD Karyamulya II Kota Cirebon tercapai. Dalam penerapannya, Manajemen Paripurna berupaya melihat kemampuan, daya dukung, situasi dan kondisi sekolah sehingga dapat dikatakan sebagai Manajemen Paripurna Berbasis Sekolah.
Menurutnya bahwa " kepemimpinan Kepala Sekolah yang mempunyai arti vital dalam proses pendidikan harus mampu mengelola dan memamfaatkan segala sumber daya manusia yang ada sehinga tercapai efektifitas sekolah yang melahirkan perubahan kepada siswa dan mengembangkan mutu pendidikan di sekolah. Berkembangknya semangat kerja, kerjasama yang harmonis, minat terhadap perkembangan pendidikan, suasana kerja yang menyenangkan dan perkembangan mutu professional diantara banyak guru, ditentukan pula oleh kualitas kepemimpinan Kepala Sekolah."
" Dalam peranannya sebagai pendidik, Kepala Sekolah bertugas membina guru, tenaga administrasi, siswa, mengembangkan staf, mengikuti perkembangan IPTEK dan menjadi contoh dalam proses pembelajaran. Dalam perannya sebagai top manager, Kepala Sekolah bertugas menyusun program, menyusun pengorganisasian sekolah, menggerakan staf, mengoftimalkan sumber daya sekolah dan mengendalikan kegiatan; sebagai administrator, Kepala Sekolah bertugas mengelola administrasi, kegiatan belajar mengajar dan bimbingan konseling, kesiswaan, ketenagaan, keuangan, sarana dan prasarana, persuratan serta urusan rumah tangga sekolah; sebagai supervisor, Kepala Sekolah bertugas menyusun dan mensosialisasikan visi dan misi suatu program sekolah, mengambil keputusan dan melakukan komunikasi; sebagai pembaharu (innovator), Kepala Sekolah bertugas mencari dan melakukan pembaharuan dalam berbagai aspek, mendorong guru atau staf dan orang tua untuk memahami dan memberi dukungan terhadap pembaharuan yang ditawarkan, sebagai pembangkit motivasi (motivator), Kepala Sekolah bertugas membentuk lingkungan kerja, suasana kerja, membangun prinsip penghargaan dan hukuman yang sistematik"

" Kedudukan Kepala Sekolah adalah kedudukan yang cukup sulit. Pada satu pihak ia adalah orang atasan karena ia diangkat oleh atasan, tetapi pada pihak lain ia adalah wakil guru-guru dan/atau stafnya. Ia adalah suara dan keinginan guru-guru. Sebagai atasan, ia mempunyai tanggungjawab untuk membina sekolah, guru-guru serta staf yang lain. Sedangkan sebagai wakil guru-guru, ia harus mampu menerjemahkan aspirasi-aspirasi dan keinginan-keinginan mereka. Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan lancar, seorang Kepala Sekolah perlu diterima dengan tulus iklas oleh guru-guru yang dipimpinnya" Imbuhnya. " Guru atau tenaga pendidikan ialah sekolompok sumber daya manusia yang ditugasi untuk membimbing, mengajar dan/atau melatih siswa. Mereka adalah tenaga pengajar yang secara khusus diangkat dengan tugas utama mengajar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Seorang pemimpin diharapkan mampu memberikan perhatian kepada pegawai agar mereka merasa diakui keberadaannya, sehingga terbina kebersamaan di lingkungan mereka. Lingkungan yang berupa iklim kerja yang baik tidak lain datang dari pihak pimpinan atau Kepala Sekolah dan guru itu sendiri serta kondisi kerja yang ada atau terjadi"

" Seorang Kepala Sekolah harus memberikan dorongan kepada guru-guru, supaya mereka senantiasa berusaha untuk mengembangkan dirinya secara terus-menerus. Namun perkembangan kearah yang lebih baik, diharapkan tidak hanya terjadi pada para guru saja tetapi juga Kepala Sekolah itu sendiri. Kepemimpinan seorang Kepala Sekolah sedikit banyak dapat mempengaruhi pendidikan di lingkungan sekolah. Sekolah juga membutuhkan figure seorang pemimpin yang siap bekerja keras untuk dapat memajukan sekolah dan untuk meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan sekolah yang dipimpinnya. "
semoga apa yang dijabarkan mencapai hasil yang maksimal dalam memimpin SDn Karyamulya II Kota Cirebon, tetap berkembang dengan baik dan selalu berprestasi. ***putusalli  





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prosesi Nuju Bulanan sebagai Bagian dari Budaya

Juknis Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Kesambi Kota Cirebon

Solusi Menciptakan " GOOD GOVERNMENT "