GETAH KAPILAYU

Getah Katilayu asli dan murni asal Cirebon. Getah Katilayu memiliki nilai koleksi karena sulit didapat. Pohon Katilayu jika dipotong nampak kering tanpa getah.

Maka sesuatu yang langka jika bisa ditemukan getahnya. Getah Katilayu yang ada di gambar atas dipanen langsung dari alam dengan menemukan getah yang sudah lama ke luar di pohonnya. Getah yang langsung diambil di alam seperti ini biasanya berkondisi sudah berusia tua. Getah sudah kering walau masih tersisa sifat lengketnya jika di tekan-tekan dengan jari, dan saat ditemukan dan belum dipecah gumpalan getah ditutupi kerak mirip kulit kayu pohon yang menunjukan usia lamanya di alam luar.

Cara menggunakan getah Katilayu sebagai Aksesoris
Sejak zaman dahulu manusia selalu tertarik menjadikan benda yang didapatnya sulit sebagai perhiasan dan aksesoris. Entah itu batu, logam mulia, gigi hewan buas, kayu unik, dan benda-benda lainnya yang tidak umum dan didapat dengan sulit. Begitu juga getah Katilayu yang jarang didapat di pasaran luas. Ada beberapa cara menjadikan getah Katilayu sebagai aksesoris. Cara pertama adalah dengan mengasah getah sehingga berbentuk mata cincin (cabocon). Namun mengasah getah Katilayu dibutuhkan cara khusus. Tidak semua pengasah batu bisa mengasah getah. Getahnya sendiri diasah tidak pakai gerinda, namun langsung pakai ampelas menggunakan tangan secara manual. Untuk sekarang belum mendapat informasi cara mengasah getah Katilayu secara kongkrit. Mau tanya ke pengasah getah di sini kebanyakan merahasiakan caranya. Namun perlu diingat, menjadikan getah sebagai mata cincin lebih beresiko dari kerusakan getah. Baik saat diasah seringkali gagal dan jika sudah bisa jadipun harus hati-hati menyimpannya. Getah yang sudah di-cabocon lebih mudah hancur, dan permukannya yang sudah licin jadi cepat tidak licin lagi karena debu yang menempel. Cara kedua adalah memakai getah sebagai mata cincin namun getah bukan berbentuk cabocon. Pernah lihat batu meteor yang langsung diikat cincin saat bentuknya masih asli? Cara ini juga bisa diterapkan pada getah Katilayu. Tinggal harus mencarikan potongan getah yang ukurannyanya bisa langsung pakai di cincin. Jika getah tidak berbentuk cabocon lebih aman untuk dipakai. Cara ketiga mungkin lebih mudah, yakni menjadikannya liontin dengan bentuk pecahannya yang masih asli, atau kita pecah sendiri potongan yang agak besar sehingga bentuk pecahan lebih diinginkan (misal mau pecahnya bentuk lancip, panjang ke bawah, dsb). Memakai getah saat masih bentuk pecahan atau bentuk asli tanpa diasah cabocon memang lebih kuat / tidak terlalu gampang pecah dan permukaannya yang masih sedikit kasar membuatnya lebih bebas debu yang biasanya menempel jika getah berbentuk cabocon. Setelah mendapat bentuk dan ukuran pecahan atau potongan getah yang diinginkan sebagai liontin kita bisa melubanginya untuk digantung tali, atau bisa juga yang lebih indah dengan diikat liontin logam.

Beberapa Info dari beberapa sumber tentang mengolah katilayu menjadi Amulet atau pegangan Mancing untuk Mancing :

a. Umumnya bahan katilayu , cukup dalam potongan yg kecil saja dicampur dengan Minyak Nilem/Nilam (patchouli oil) cukup ukuran yg kecil 3ml dan didiamkan 1 malam. Dimana setelah dicampur akan lebih baik jika minyak Nilam yang sdh berisi Katilayu di dalamnya di letakan di luar rumah pada Malam hari sampai dengan keesokan harinya sebelum pukul 9.00 dan pada saat diletakan maka botol tidak dengan tutupnya atau biarkan botol dijemur tanpa tutup.
Minyak ini sudah Siap digunakan sebagai Essense yg dapat dicampur pada saat memancing.

b. Katilayu dapat Dicampur dengan essence untuk Mancing sehingga mudah2an jika essence tersebut dicampur dengan Umpan, maka hasilnya bisa maksimal.

c. Katilayu baik yang basih dalam bentuk bahan ataupun dalam bentuk yg sudah diolah menjadi suatu bentuk yang siap diikat di cincin, maka katilayu tersebut dicampur bersamaan dengan umpan yang akan digunakan dan pada saat akan memancing campur air kolam pemancingan sedikit saja kedalam umpan dengan katilayu yg masih berada didalamnya

d. Katilayu yang di Booster atau di maksimalkan energy nya sesuai Fungsi dengan cara dan Ritual tertentu dan dengan orang yang memiliki kemampuan tertentu pastinya, Maaf ane msh Newbie dan gak paham soal ini. Maka katilayu tersebut diolah dan dibangkitkan energy nya agak dapat maksimal jika digunakan.

e. Terakhir adalah Fungsi Katilayu umumnya adalah untuk mengumpulkan Ikan agar lebih mendekat dan berkerubung dengan Lokasi kita mancing dan finalnya adalah Racikan umpan kita sendiri dan kesabaran serta ke yakinan atas apa yang kita lakukan. 

Demikian Sekilas Info, lebih Kurangnya kalau ada yang salah atau kurang saya mohon maaf dan tujuannya hanya sekedar berbagi info saja

Minat Getah Kapilayu Asli Cirebon Hub : Klapa Continedor = 081 3121 888 72

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prosesi Nuju Bulanan sebagai Bagian dari Budaya

Juknis Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Kesambi Kota Cirebon

Solusi Menciptakan " GOOD GOVERNMENT "