Perkemahan Wirakarya Nasional 2010



Perkemahan Wirakarya Nasional 2010 adalah salah satu jawaban terhadap persoalan bangsa. PW Nasional adalah kegiatan Bakti Pramuka yang berbentuk perkemahan dengan sasaran pembangunan masyarakat di tempat pelaksaan kegiatan tersebut. Beberapa kali pelaksaan PW sebelumnya mendapat sambutan yang baik dari masyarakat, meski jauh dari kesempurnaan namun setidaknya Gerakan Pramuka telah menunjukan komitmen yang kuat dalam mewujudkan cita-cita Tri Satya dan Dasa Darma untuk ikut membangun masyarakat.


Pelaksaan PW Nasional 2010 yang akan dilaksanakan di Aceh telah menjadi isu positif yang berkembng dikalangan Pandu Se-Nusantara. Aceh yang telah bertahun-tahun dilanda konflik dan baru saja menerima cobaan Bencana Alam dahsyat Gempa Bumi dan Tsunami pada akhir Desember 2004 menjadi daerah yang pantas bagi kita untuk membuktikan diri pada masyarakat bahwa " Pramuka bukan organisasi yang sia-sia "

Waktu dan tempat Pelaksanaan :
Kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional 2010 dilaksanakan selama 8 (delapan) hari pada tanggal 22 - 29 November 2010 di Bumi Perkemahan Cakra Donya, Seulawah Scout Camp, Provinsi Aceh.

Thema :
" Bersatu membangun bangsa yang bermartabat "

Motto :
" Satyaku Kudarmakan, Darmaku kubaktikan "

Slogan :
" Iklas bakti, Membangun Negeri "

Makna Logo :
1. Bentuk dasar logo adalah bnetuk design Gedung museum tsunami yang menjadi lambang dari rehab dan rekonsiliasi Aceh pasca tsunami, bentuk ini melambangkan pula derah pelaksanaan kegiatan yang secara langsung dan tidak terkena dampak dari bencana tsunami.
2. Siluet gelombang berwarna biru melambangkan perdamaian yang selalu dipertahankan.
3. siluet gelombang berwarna merah, hijau kuning yang juga merupakan warna khas Aceh melambangkan kebudayaan dan ketinggian peradaban yang dimiliki.
4. Siluet Mesjid Raya Baiturrahman berwarna keemasan melambangkan keistimewaan, kemegahan, kepemimpinan dan sikap patriotisme yang dimiliki oleh para peserta yang datang dan berbakti di Aceh.
5. Siluet Penari Seudati melambangkan kerjasama dan semangat gotong royong setiap peserta PW Nasional 2010 dalam mengabdi mengedepankan nilai-nilai budaya lokal.

Maskot :

Maskot PW Nasional 2010 diberinama " Si Dom ", Sidom yang dalam bahasa Acaeh berarti semut, jadi filosofi Maskot PW Nasional 2010 diambil dari seekor smut merah atau semut pekerja.
Semut merah adalah binatang yang suka bergotong royong, satu koloni semut mampu mengangkat benda-benda yang lebih berat dari tubuh mereka sendiri. Oleh karenanya doiharapkan setiap peserta PW nasional 2010 dapat bekerja sama, menjalin persaudaraan, dan mampu beriteraksi dengan sesama peserta atau masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Kegiatan-kegiatan PW Nasional 2010 :
Giat Main Camp :
1. Aceh Green Promotion
2. kampanye TV Eng-oong
3. Gampoeng Bersih Gampoeng sehat
4. Peremajaan Meunasah.

Main Project :
1. Water Sanitasion Construction
2. hygien Sanitation Promotion

Giat Wisata :
1. Wisata Sabang (Wisata Iboih, Wisata Nol Kilometer, Festival Kuliner, sabang Fair, Wisata Benteng dan Anoe Itam

2. Wisata Tsunami (Kunjungan Museum Tsunami, Kunjungan PLTD Apung, Kunjungan Kuburan Massal dan Kunjungan Ulee lhee )

3. Wisata Religi

Sumber :(dari berbagai sumber)


" Selamat Membangun smoga sukses PW Nasional 2010 "
@by Ancu Humas Kwarcab Kota Cirebon






Komentar

novrizal aceh mengatakan…
terima kasih bahan untuk referensi berita scout camp Aceh 2010.

Postingan populer dari blog ini

Prosesi Nuju Bulanan sebagai Bagian dari Budaya

Solusi Menciptakan " GOOD GOVERNMENT "

SEJARAH PERKEMBANGAN TRADISI NADRAN DI CIREBON