Branding " Ayo Ikut Pramuka "
Sebagai Aktipis anggota Gerakan Pramuka tentunya setiap geliat dan tarikan napas organisasinya agar untuk turut andil berpartisipasi aktif dalam mengangkat segala potensi pramuka, tulisan ini diangkat sebagai bentuk dukungan kami sebagai anggota Pramuka terhadap upaya organisasi dalam pencapaian Visi dan Misi Gerakan Pramuka serta upaya percepatan Revitalisasi Gerakan Pramuka agar semakin merata dan tercapai, mengingat sudah tahun ke empat Bapak Pramuka Utama mencanangkan Revitalisasi tersebut namun sampai sekarang masih belum ada dampak maksimal baik kuantitas maupun kwalitas baik organisasi maupun anggotannya, konsokuensi dan totalitalitasnya terhadap komitmen dan Visi - Misi banyak dipertanyakan masyarakat pendidikan mengingat Gerakan Pramuka merupakan wadah organisasi kependidikan bukan organisasi kepemudaan,
namun sebuah angin segar bagi kami setelah mengikuti Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan se Jawa Barat di Kab. Purwakarta tercetus sebuah ide dan gagasan yang sudah usang namun bila di desain dengan pemamfaatan teknologi yang sekarang akan menciptakan sebuah merek dagang untuk menjual segala potensi dan aktifitas Gerakan Pramuka yang ujungnya bermuara pada peningkatan kualitas sumber daya anggota Pramuka dalam menghadapi segala tuntutan Jaman.
sebagai contoh dalam membranding sektor pariwisata banyak beberapa daerah yang menggunakan kata atau logo, seprti Lets Go Jakarta, atau Bali Santi, Santi, Santi dan lain sebagainya tentunya ada sebuah harapan dan upaya pendekatan persuasif dalam mencoba mengenalkan dan mengajak para waisatawan agar datang ke daerahnya, begitu juga Gerakan Pramuka pun tentunya mempunyai harapan yang sama dalam upaya mengenalkan kembali Gerakan Pramuka agar kembali diminati oleh para peserta didik di sekolah atau masyarakat luas.
Branding " Pramuka itu Keren, Elo Kapan ? " adalah bentuk sebuah ungkapan keseharian yang mudah disampaikan dan mudah diterima oleh masyarakat di alam kekinian, gaul memang namun sesungguhnya didalamnya terkandung, tidak mengurangi rasa hormat sedikitpun dan tetap ajakan yang sesuai dengan Kode Etik Kepramukaan.
maka semoga dalam branding atau ungkapan dalam bentuk ajakan seperti pada gambar diatas gerakan pramuka sebagaimana dalam Visinya menjadi wadah pilihan utama dan solusi handal masalah-masalah kaum muda dapat tercapai sesuai dengan apa yang telah dicita-citakan bersama.
@ Ancu Humas Kwarcab Kota Cirebon
Komentar