" Cirebon The Gate of Secret " sebagai Promo Dagang Potensi Kota Cirebon


Sebagai warga Kota Cirebon " Wonk Cherbon " tentunya setiap geliat dan tarikan napas daerahnya agar untuk turut andil berpartisipasi aktif dalam mengangkat segala potensi Kota Cirebon sesuai dengan bidang masing-masing, tulisan ini diangkat sebagai bentuk dukungan kami sebagai warga kepada Pemerintah Kota Cirebon, mengingat baru-baru ini Kota Cirebon dibawah kepemimpinan Bapak Subardi, S.Pd, konsokuensi dan totalitalitasnya terhadap komitmen dan Visi - Misi membangunan Kota Cirebon banyak dipertanyakan masyarakatnya, namun sebuah angin segar bagi kami warganya bahwa baru-baru ini Walikota Cirebon bersama Kepala Dinas Disporbudpar Drs. Abidin Aslich meluncurkan sebuah merek dagang untuk menjual segala potensi Kota Cirebon yang ujungnya bermuara pada peningkatan Kunjungan Wisata ke Kota Cirebon.

Merek dagang atau biasa disebut dengan Branding bukan hanya dibutuhkan untuk mempromosikan produk barang saja, dalam dunia Pariwisata pun kini memamfaatkanya sebagai salah satu kiat untuk meningkatkan kunjungan wisata. sehingga daerah-daerah yang memiliki potensi wisata mulai membuat brand pariwisatanya, dengan kata-kata atau slogan yang menunjukkan ciri dan potensi wisata yang dimilikinya.
Dibeberapa daerah lain cukup efektif dengan mengkampayekan slogan tersebut, seperti
branding Pariwisata DKI Jakarta dengan slogan " Enjoy Jakarta ", Solo " Spirit of Java " Jogja dengan slogannya "Never Ending Asia" Bali slogannya "Santi,Santi,Santi" maka pantaslah kiranya Kota Cirebon juga menggunakan slogan untuk percepatan peningkatan kunjungan wisata dan " Cirebon the Gate of Secret " (Cirebon Pintu Gerbang Rahasia)

Sebuah slogan pariwisata yang penuh philosofi dan mengundang teka-teki banyak orang tentunya, karena ketika daerah lain menawarkan kenikmatan, keindahan, kemegahan dan dan sesuatu yang menarik lainnya, Kota Cirebon justru menawarkan slogan yg penuh teka;teki, Rahasia, sesuatu yang belum diketahui seperti apa adanya, dan sepertinya tak ubahnya membeli kucing dalam karung....
itulah hal menarik tentunya yg akan mengundang banyak orang bertanya dn penasaran terutama para wisatawan, dengan harapan mereka kemudian tertarik menjadikan Kota Cirebon sebagai tujuan wisata.

Lantas apakah titik-titik yang akan menjadi teka-teki itu sudah siap mendukungnya, wal hasil, karena beberapa tempat yang sudah dijadikan ikon pariwisata Kota Cirebon, kondisinya sangat memprihatainkan, tengaok saja seperti Keraton Kanoman beberapa waktu mendemo Walikota nya sendiri, Keraton Kasepuhan yg geliatnya masih kurang menggema sepeninggalnya Sultan Sepuh Maulana Pakuningrat, SH dan obyek wisata Gua Sunyaragi yang pada jaman Orba cukup favorit kini hilang rasa keindahan, dan kenyamanannya serta tempat-tempat wisata jiarah lainnya.

Semoga....Branding tersebut mempunyai makna-makna luhur yang juga banyak tersembunyi dalam filosofi kesenian tradisional Cirebon, yang tidak semua orang dapat memahaminya. maka harapan branding itu ingin menunjukan bahwa Kota Cirebon disamping memiliki potensi wisata yang berupa fisik, namun juga mempunyai kekayaan makna yang bersifat Rahasia, sehingga memasuki Kota Cirebon seolah memasuki belantara yang penuh dengan rahasia yang berupa makna-makna, seperti makna yang digambarkan pada Mesjid Sang Cipta Rasa dari pintunya yg buat rendah, atau Kereta Kencana Singa Barong dan Paksi Naga Liman, semua memiliki Rahasia.

walau banyak kalangan yang menilai branding ini sulit dimengerti (apalagi bahasanya) membingungkan dan sulit dipahami oleh masyarakat, meski sebutulnya makna dari kalimat tersebut cukup kuat.
bahkan sebagian masyarakatpun bertanya apakah kalimat slogan itu betul merupakan refresentasi dari produk wisata yang akan dijual oleh Kota Cirebon ?
yaa semoga saja walau branding itu tidak identik dengan logo atau semboyan,akan betul-betul mencerminkan jiwa dan sikap keseharian warga (emotional binding) atau keterikatan emosional yang kuat warga Kota Cirebon dgn branding yang diklaimnya,
sebagai warga berharap slogan itu akan membawah Kota Cirebon lebih maju dan berkepribadian..***STMN

Komentar

KWARCAB KOTA CIREBON mengatakan…
ya semoga saja dengan branding itu kota cirebon semakin maju dalam segala bidang...

Postingan populer dari blog ini

Tongkat Pramuka

3 Tokoh Wanita yang Berperan Dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia